Selasa, 24 November 2015

Perkara Lipstik


Sudah lama banget gak nulis-nulis. Mau mulai lagi, rasanya aneh. Nyusun kalimat per kalimat aja kayak mau mulai lagi ngobrol sama mantan yang sudah lama diem-dieman. Kaku banget. Tapi, sekarang mau coba nih. Pumpung lagi ada bahan.

Jadi, ceritanya kemarin habis beli lipsitk 3 biji. Satu buat saya, sisanya buat temen. Harga lipstiknya sih lumayan mahal—menurut ukuran dompet saya. Secara, lipstik-lipstik di rak make up gak ada yang harganya semahal ini. Sebenarnya, baru coba-coba juga sih beli lipstik yang agak mahalan dengan merk yang kekinian. Biar apa ya? Ya pengen beli aja sih. Sesekali punya barang mahal gak ada salahnya kan ya? Selama gak maksa.

Berhubung saya adalah salah satu penganut paham ono rego ono rupo. Ada harga ada rupa. Di mana penjabarannya adalah, semakin tinggi harga, maka semakin baik kualitas suatu produk . Jadi, saya sama sekali gak meragukan kualitas lipstik yang kebeli kemarin. Bahkan, saya yang merekomendasikan kepada kedua teman saya untuk membeli merk yang sama.

Tapi, sialnya malah di saya. Setelah dipakai, diolesiin ke bibir saya, lipstik itu sama sekali gak sip. Bukannya bibir makin kinclong, malah jadi kering gak keruan. Banyak gumpalan di sana sini. Gak kayak kalau pakai lipstik yang biasanya. Mungkin, bibir saya gak cocok dipakain produk mahal. Entah lah. Hanya Tuhan dan sepasang bibir ini yang tahu.

Beda banget sama temen saya. Pas itu lipstik diolesin ke bibirnya, aman. Keliatan bagus dan rata. Gak ada gumpalan. Sumpah, saya sebel perkara ini! Tapi, ya uwis lah. Udah kebeli juga. Mau ngeluh juga gak ada guna. Mau dibuang, masih sayang. Akhirnya jejerin aja sama lipstik lain yang udah ada di rak make up. Itung-itung nambah koleksi warna.

Satu pelajaran yang saya ambil dari kejadian ini; Apa yang cocok di diri orang lain, belum tentu cocok di kita. Ini contoh. Lipstiknya sama, bibirnya beda, ya hasilnya beda. Kalau memang cocoknya pakai lipstik murah, ya udah, syukurin aja. Berarti gak perlu mengeluarkan banyak biaya. 

Hidup juga gitu sih. Yang kelihatannya enak di orang lain, belum tentu pas kalau diterapin di diri kita. Lha wong dari sidik jari kita aja udah beda, jadi gak usah maksa buat nyama-nyamain di lain hal. IMHO.



Di depan Lepi kesayang, 24 November 2015

2 komentar: